Daftar bisnis/pekerjaan yang dilakukan yaskur sejak kecil PART 1

Sunday, October 02, 2016 suparman 0 Comments



Hai guys, kembali lagi dengan saya muhammad dyas yaskur seorang yang seperti ini karena tidak mau seperti itu. Jadi gini lo, sejak aku kecil aku itu hidup dari uang om-om, tante-tante dan mbah-mbahku saja. Kenapa begitu? karena ayahku sudah meninggal sejak aku umur 5 tahun, sedangkan ibuku gak berpenghasilan. Sebenarnya kebutuhanku yg pokok itu berkecukupan bahkan memang lebih cukup dibanding bbrp anak-anak disekitarku. Hanya saja anak-anak lain bisa dengan enaknya minta sesuatu dari orang tua mereka sedangkan aku hanya bisa merenungi nasib. Kalau aku ingin sesuatu aku harus mengumpulkan uang dari uang saku, angpau ataupun bisnisku/pekerjaanku. Pasti penasarankan apa saja pekerjaan/bisnisku, oke mari simak beberapa bisnis/pekerjaan yang pernah aku lakukan:

1.Nyabutin uban neneku
Ya dulu dulu alm. neneku sering minta cabutin uban. Aku lupa persisnya dibayar berapa tapi seingatku saat SD aku dibayar skitar 1rb rupiah per 25 uban.  Lama kelamaan karena  tarif terlalu kecil dan bikin capek aku minta tarif naik, tapi ditolak sama neneku. Akhirnya aku mogok kerja. Saat aku mogok kerja ternyata neneku malah merekrut anak tetangga dket rumahku yang mau dibayar sangat murah. Tetanggaku itu sangat menjatuhkan harga pasar. Alhasil beberapa lama aku gak dapet penghasilan dari nyabutin uban. Setelah tetanggaku tersebut dipondokin barulah aku disuruh lagi nyabutin uban dan dengan harga yang aku inginkan. Pokoknya semakin lama  harga semakin aku naikan padahal uban neneku semakin lama semakin banyak. Ya begitulah aku sejak kecil emang bisa memanfaatkan peluang mumpung lg memonopoli pasar. 

2. Jual ikan air tawar
Saat aku kecil kakeku(ayah dr ibuku) punya 3 kolam ikan air tawar pribadi(tidak dijual/konsumsi pribadi)  didekat rumahnya dan neneku(ibu dr ayahku) punya 1 kolam yg jauh dr rumah. Ada teman SMPku yang tahu itu, lalu dia menanyakan ikanya dijual gak? Aku langsung berpikir peluang nih dan hatiku tersenyum licik. Aku mengiyakan pertanyaan tersebut. Selanjutnya aku ajak temenku ke kolam neneku yg jauh dr rmh secara diam-diam. Tapi sampai disana aku bertemu neneku, trus gak dibolehin(tp ngomongnya bsik2 jd temenku gk tau). Kemudian aku bawa temenku ke rumah kakeku. Awalnya aku takut ketahuan ibuku. Tapi setelah ibuku tahu dia malah menyambut dengan senang hati. Hanya saja setahu ibuku cuman mancing buat dimakan bersama. Keluargaku emang memperboleh kalo ada temen yang mau mancing. Ya intinya aku jualan ikan di kolam kakeku tapi sampai blog ini ditulis keluargaku tidak tahu kalo sebenarnya aku menjualnya. XD

3. Jaga PS 
Dulu saat jaman SMP itu di desaku booming yang namanya PS alias PlayStation. Kebetulan tetanggaku ada yg punya rentalnya. Akupun sering nongkrong dan maen disitu. Karena aku orang yg plg sering disitu dan yg punya emang dket dengan keluargaku akhirnya aku disuruh jagain rental Psnya kalau dia lg ada keperluan(tidur,main,shopping,dkk :v).  Lumayanlah bisa dapet duit sekaligus bisa maen PS sepuasnya… Hanya saja aku masih ingat ketidak sesuaian dg kesepakatanya. Dulu perjanjianya aku dapet sekian persen dr total yang didapatkan, tapi pernah dapet hasil yang cukup banyak diluar expetasi dan aku cuman dikasih seberapa lupa. yg jelas dia berkata “kok banyak banget, tak ksh sgini saja ya” intinya karena aku terlalu kecil jadi dikiranya gak butuh uang :3. Tapi okelah saya maafkan.

4. Bisnis online .
Target atau tujuan dari aku mengumpulkan uang dengan membanting tulang dan  rela gak jajan selama bertahun-tahun adalah  demi membeli hape untuk main game. Ya awalnya itu tidak ada tujuan lain selain untuk maen game. Namun tak disangka aku menemukan sebuah jendela baru dalam kehidupan ini. blablabla... bersambung aja deh  di episode selanjutnya... dah ngantuk berat, ditunggu saja ya episode selanjutnya..

0 comments: