Menguak misteri dibalik nama-nama lain dari Yaskur

Friday, December 18, 2015 suparman 0 Comments


Hai kawan-kawan, setelah sekian lama akhirnya saya bisa nulis blog lagi, kali ini saya akan membahas soal nama saya. Banyak kisah yang terjadi atas nama panjangku maupun panggilanku. Yuk simak berikut:

  • Nama lengkapku

Kalau nama lengkapku yang sekarang pasti kalian sudah tau kan,  kalau sesuai akta kelahiran dan KTP yg sekarang namaku adalah Muhammad Dyas Yaskur, namun sebenarnya saya pernah ganti nama di akta waktu SD karena saya merasa nama sebelumnya itu memalukan. Nama pertama pemberian orang tuaku yg sebenarnya adalah Muh. Tyas Yaskur yang berarti Hati yang bersyukur. Namun karena dulu banyak yang sering heran mendengar namaku, dan banyak pemikiran kalau Tyas adalah nama cewek maka aku terus komplain ke Ibuku. Dan ibuku memberi solusi untuk ganti nama. Awalnya aku gak menganggap serius karena gak tau kalau nama itu bisa dirubah namun saat kelas 6 SD tiba-tiba ibuku mengurus pergantian namaku. Dan akhirnya namaku diubah menjadi yang sekarang yaitu “Muhammad Dyas Yaskur". Namun yang sangat disayangkan nama itu tidak memiliki arti yg kompleks seperti nama yg sebelumnya.

  • Saya merasa Unik

Saya rasa nama panjangku tersebut hanya aku aja yang punya. Saya yakin tidak ada yang memiliki nama panjang yang sama persis seperti namaku, meskipun ada itu juga pasti karena orang tuanya ngefans sama saya, atau gak orang tuanya ingin anaknya menjadi seperti saya. Bahkan sampai sekarang saya tidak pernah mempunyai teman yang bernama Yaskur didunia nyata kecuali saya sendiri. Dulu saat awal-awal saya internetan nama Yaskur yg ada di google juga cuman punyaku yang lain belum ada sama sekali, name sekarang sudah mulai banyak orang yg bernama Yaskur yg narsis di internet kecuali saya. 

  • Trus siapa nama panggilanku?

Kalau bicara nama panggilan beda teman beda nama. Aku memiliki total lebih dari 20 nama panggilan. Kebanyakan anggota keluargaku sering memanggilku ayas/yayas atau adik2 sepupuku sering memanggil mas ayas/yayas. Namun beberapa anggota keluarga besarku jg ada yg manggil aku Yaskur. Teman bermain di desakupun kebanyakan juga memanggilku ayas. Namun saat SMP karena namaku sudah berubah aku dipanggil Dyas. Kalau saat SMK aku lebih sering dipanggil dengan nama paraban yg gak baik namun gak bisa kusebutkan disini. Namun beberapa dari mereka jg byk memanggilku Dyas/Yaskur. Saat SMK aku banyak mengenal dunia internet dan bergabung di berbagai komunitas internet. Nama panggilanku pun beragam, dari Suparman, supirman, supirhero, sistem, unamed, dkk. Setelah lulus dari SMK aku nganggur 1 tahun, kerjaanku cuman  main game di warnet dan teman-temanku sering memanggilku nickname digame yaitu suparmandoank atau gak supirhero. Setelah nganggur setahun aku kemudian kuliah di salah satu STMIK dan aku disana sering dipanggil dyas atau yaskur saja tidak ada nama lain. Satu tahun stelah kuliah di STMIK aku memutuskan untuk kuliah lagi di STIE, dan disana aku mendapatkan nama baru lagi. Aku sering dipanggil Ojan karena katanya aku mirip ojan sketsa. Sebenarnya aku gak suka dengan nama itu namun suka-suka mereka ajalah panggil aku apa.

  • Apa asal mula memilih nickname2 tersebut saat di dunia maya/game?

Dulu saat aku daftar di salah satu komunitas mobile aku pakai nama asliku yaitu dyas. Namun karena aku masih awam di dunia komunitas dan belum tahu peraturan-peraturanya akhirnya aku dibanned. Padahal komunitas tersebut sangat menarik dan karena kupikir kalau dah dibanned gak boleh daftar lagi akhirnya aku mencari nama lain agar gak ketahuan itu aku. Akhirnya aku mendaftar lg dengan nama suparman. dan setelah itu aku daftar di kebanyakan komunitas/forum memakai nama tersebut atau yg hampir mirip seperti supirman dan supirhero. Sebenarnya banyak kisah menarik dari tiap-tiap nickname, namun akan jadi panjang banget kalau diceritain satu persatu. :v

  • Apa nama panggilan yg aku harapkan?

Sebenarnya aku muak yang dipanggil dengan banyak nama. Membuatku sangat sensitif dan merasa dipanggil dimana-mana padahal mereka memanggil orang lain yang namanya sama atau hampir sama seperti puluan nama panggilanku lainya. Oleh karena itu aku ingin dipanggil dengan nama yang unik dan jarang dipakai terutama di indonesia. Akhirnya aku mencoba untuk dipanggil Ritchardo. Banyak teman di STMIK sudah mulai memanggil namaku seperti yg aku harapkan,  namun karena lagat indo susah mengatakan nama yg aku inginkan itu jadi sekarang aku ingin dipanggil Yaskur aja. Sepertinya jarang orang yg dipanggil “Kur”. Meski seperti memanggil ayam namun gpplah yang penting untuk memanggil manusia itu unik. Karena serius melelahkan memiliki nama panggilan yang banyak dan pasaran itu, membuat saya merasa dipanggil dimana-mana. 


  • Apakah perlu kak atau mas atau bang?

Kalo seumuran atau yang manggil lebih tua ya jelas jangan tapi kalau jauh lebih muda aku berharap seperti itu. Karena itu sebagai bukti dia menghargaiku sebagai orang yang lebih tua. Meskipun kusadari sifat dan tingkahku memang masih belum dewasa :v. Kalo sebaya selisih dibawah 1-3 tahun sih sebenarnya gak masalah manggil tanpa kak/mas/bang. Tapi sebenarnya jika ada yg manggil orang  lain yang umurnya dibawah saya dengan mas/kak tapi kalau manggil saya tidak itu membuat saya jadi merasa sangat tidak dihargai bisa dibilang kecewa dan sakit hati. Namun saya tidak pernah memaksa orang untuk memanggil dengan awalan itu, jangankan memaksa, menyuruh orang untuk panggil kak,mas/bang pun gak pernah(red: kecuali special one).  Untuk yg dah terbiasa tanpa mas/kak saya maklumi, karena kalo dah nyaman manggil org dg nama tertentu itu emg sulit diubah. Namun saya juga gak suka/risih dipanggil mas/kak sama teman sebaya atau yg lebih tua dariku kalau sama orang lain dia gak sama. Intinya saya hanya ingin dihargai seperti mereka menghargai orang lain.

  • Kalo dipanggil dek?

Nah kalo dipanggil dek aku malah suka , berarti yang manggil menganggap dirinya lebih tua dan tanpa canggung aku bisa manggil dia mas/mbak. Namun saya paling gak suka kalo ada orang yang sok baik panggil aku dek namun ada maksud tertentu alias modus.


Sekian yang bisa saya bahas/jelaskan tentang nama saya, kalau ada pertanyaan , kritik atau saran silahkan komentar saja dibawah ini.. :D

0 comments: